Selasa, 22 Januari 2013

Cara menambah berat badan


Pada psoting sebelumnya, saya telah mengungkapkan Tips:Menurunkan berat badan. Maka dari itu, kali ini saya akan berbagi tentang cara menambah berat badan yang tentunya sehat, alami, dan dijamun, efektif.
                Di jaman sekarang ini, tubuh yang gemuk atau kurus bisa membuat seseorang selalu minder dalam bergaul. Padahal gemuk atau kurus itu sebenarnya bukan suatu masalah yang penting tidak menimbulkan penyakit. Terlepas dari pada itu, saya tetap akan berbagi tentang cara menambah berat badan ke pada kamu yang merasa memiliki berat badan di bawah rata-rata. Lets go!

1.       Atur pola makan
Dalam menagtur pola makan, kamu harus melakukan diet tinggi kalori dan protein. Artinya, kamu harus mengkomsumsi dalam porsi di atas rata-rata, makanan-makanan yang mengandung kalori seperti nasi, gandum dan sejenisnya. Untuk makanan yang mengandung protein seperti ikan telur dll.
Fungsi zat kalori dalam tubuh adalah sebagai sumber energi. Apabila produksi energi lebih dari kebutuhan, maka akan disimpan sebagai sel lemak di bawah kulit. Itulah yang bisa membuat berat badan kamu akan bertambah dan berisi. Tapi komsumsi terlalu banyak kalori ini juga bisa berbahaya karena makanan-makanan yang mengandung kalori itu mengandung gula (glukosa dan sejenisnya).  Jadi kalau ada riwayat diabetes, jangan dilakukan.
Sedangkan protein, sebagai bahan untuk memperbaiki otot-otot sehingga dengan komsumsi protein yang cukup, akan menambah massa otot dan tentunya akan menambah berat badan.
Selain itu, dalam mengatur pola makan, kamu juga harus mengatur jadwal makan kamu. Kalau biasanya 2 kali sehari, bisa ditingkatkan menjadi 3-4 kali perhari. Tidak perlu makan dalam porsi yang banyak dalam sekali makan, tapi sering-sering makan itu lebih baik. Soalnya kalau sekali makan dengan porsi yang banyak, hanya akan membuat perut kamu membesar. Jadi biarkan makanan dicerna dulu oleh tubuh, baru dimasukkan lagi. Cara mengatur pola makan ini saya rasa akan cara menambah berat badan kamu.
2.       Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup (bakan banyak) bisa membantu proses regenerasi sel/perbaikan sel yang rusak, sehingga organ-organ dalam tubuh tetap dalam kondisi yang prima. Secara normal, lam tidur yang disarankan oleh pakar kesehatan adalah 8-10 jam dalam satu hari. Jadi, istirahatlah yang cukup agar bisa menambah berat badan kamu.
3.       Olah raga teratur
Mungkin ada yang bertanya, ngapain olah raga?, kan itu bisa nurunin badan juga. Begini teman, apabila kamu tidak berolah raga pada program ini, yang ada tubuh kamu akan menjadi lemah dan kemungkinan bisa menyebabkan penumpukan zat makanan dalam pembulu darah kamu. Itu akan menjadi masalah besar karena banyak penyakit yang akan menghampirimu.
Olah raga yang teratur akan menyeimbangkan proses metabolisme dalam tubuh. Maka lakukan olahraga ringan secara teratur. Tidak usa lakukan olah raga berat, yang ringan-ringan aja biar tetap sehat disamping itu, berat badan kamu juga akan meningkat.
4.       Pola hidup sehat
Merokok, alkohol narkoba dan sejenisnya merupakan zat beracun yang bisa merusak organ-organ dalam tubuh. Gangnguan yang terjadi dalam tubuh akan menyebabkan sistem-sistem dalam tubuh tidak bekerja dengan baik.
5.       Thinking Happy
Selain masalah nutrisi dan kebiasaan hidup sehat, masalah psikologis juga memberikan pengaruh bagi berat badan kamu. Kalau kamu selalu dalam kondisi stres, maka metabolisme juga akan meningkat. Peningkatan metabolisme membutuhan kalori yang lebih dan ketika tidak ada kalori yang tersedia, maka yang akan diambil adalah cadangannya, seperti yang jelaskan di atas sebelumnya. So, always think happy, apapun yang sedang terjadi. Jangan selalu larut dalam sebuah stressor. 

Itulah beberapa tips atau cara menambah berat badan. Semoga bisa bermanfaat buat kamu. Kalau ada komentar, pertanyaan atau saran, silahkan tulis pada kolom komentar di bawah. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

info populer